7 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Luar Negeri

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Luar Negeri

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Luar Negeri  bila pada post pada awal mulanya kami mengulas perihal pesona alam di Indonesia yang serupa dengan diluar negeri, jadi kesempatan ini saya mau mengajak Anda untuk melihat-lihat obyek wisata Indonesia yang juga serupa dengan yang ada diluar negeri. Anda sudah mengetahui belum bila Indonesia juga mempunyai monumen sama Arc de Triomphe di Prancis? Bila Anda belum tahu, bermakna Anda mesti baca post ini ;) Tersebut 7 bangunan maupun obyek wisata Indonesia yang serupa luar negeri :

1. Patung Buddha Tidur Mojokerto
(Serupa dengan Patung Buddha Tidur di Thailand)
Sleeping Buddha Wat Pho

Dari empat patung Buddha Tidur (Reclining Buddha) yang ada di Indonesia, patung Buddha Tidur paling besar ada di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Mojokerto. Patungnya yang berwarna emas mengingatkan kita pada Patung Buddha Tidur di Wat Pho, Thailand. Patung Buddha Tidur di Trowulan ini mempunyai panjang 22 mtr., lebar 6 mtr., serta tinggi 4, 5 mtr.. Patung ini di bangun oleh YM Viryanadi Maha Tera pada th. 1993. Konon, Patung Buddha Tidur di Trowulan ini adalah yang paling besar ketiga didunia sesudah Thailand serta Nepal.

2. Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri
(Serupa Arch de Triomphe di Prancis)
Arc de Triomphe, Paris

Monumen Simpang Lima Gumul adalah ikon kota Kediri yang memiliki bentuk mirip Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Monumen Simpang Lima Gumul mempunyai luas bangunan 804 mtr. persegi dengan tinggi 25 mtr., terbagi dalam 6 lantai, serta ditumpu dengan 3 tangga setinggi 3 mtr. dari lantai basic. Pada dinding-dinding monumen, kita bisa lihat relief-relief yang melukiskan histori Kediri sampai kesenian serta kebudayaan Kediri pada sekarang ini. Di satu diantara pojok monumen ada arca Ganesha. Sesaat didalam bangunan monumen ada ruang-ruang untuk pertemuan di gedung paling utama serta ruangan auditorium di lantai atas yang beratapkan serupa kubah (dome), ruangan serba manfaat di lantai dasar, diorama di lantai atas, serta minimarket yang jual souvenir di lantai bawah. Sebagian sumber mengatakan bahwa pembangunan Monumen Simpang Lima Gumul ini di inspirasi dari Jongko Joyoboyo, raja Kerajaan Kediri di era ke-12 yang mau menjadikan satu lima lokasi di Kerajaan Kediri.

3. Patung Yesus Memberkati, Manado
(Serupa Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brazil)
Patung Kristus Penebus, Brazil

Bila Rio de Janeiro, Brazil mempunyai Patung Kristus Penebus, jadi Manado mempunyai Patung Yesus Memberkati. Monumen Yesus Memberkati ini juga jadi ikon kota Manado serta jadi satu diantara maksud wisata religi. Monumen Yesus Memberkati mempunyai tinggi 50 mtr. dari permukaan tanah. Tinggi patung yaitu 30 mtr. serta 20 mtr. yaitu tinggi penopangnya. Dengan tinggi keseluruhan 50 mtr., Patung Yesus Memberkati jadi yang paling tinggi ke-2 didunia sesudah patung Kristus Memberkati di Rio de Janeiro. Patung ini terdapat pada bukit paling tinggi yang disebut sisi dari Perumahan Citraland Manado serta menghadap segera ke Kota Manado serta Pantai Manado. Pembangunan monumen ini memanglah digagas oleh Ir Ciputra. Uniknya, Patung Yesus Memberkati ini di bangun dengan posisi Yesus yang cenderung ke depan seakan terbang. Monumen Yesus Memberkati ini juga jadi hanya satu Monumen Yesus yang di bangun dengan kemiringan. Bahkan juga kemiringan patung yang memiliki bahan basic besi fibre ini meraih 20 derajat. Monumen Yesus Memberkati ini jadi lambang kerukunan antar umat beragama.

4. Candi Sukuh, Jawa Tengah
(Serupa Piramida Maya Chichen Itza, Meksiko)
Pyramida Chichen Itza, Meksiko

Candi Sukuh adalah satu diantara candi yang menarik di Asia Tenggara. Serta unik lantaran memiliki bentuk yang serupa dengan Piramida Maya Chichen Itza di Meksiko. Memiliki bentuk yang serupa trapesium ini dapat mengingatkan pada piramida yang sisi atasnya dipotong. Candi Sukuh adalah kompleks candi Hindu yang terdapat di lokasi Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Masih tetap satu misteri yang belum teratasi bagaimanakah dua bangsa dari dua benua yang tidak sama bisa bikin dua bangunan yang nyaris sama dari sisi arsitektur serta desainnya. Tetapi, ada teori bahwa bentuk Candi Sukuh yang serupa piramida dipotong ini adalah perwujudan Gunung Mandaragiri yang puncaknya dipotong serta dipakai untuk mengaduk-aduk lautan mencari tirta amerta yang dapat memberi kehidupan kekal untuk mereka yang meminumnya. Cerita tirta amerta ini ada pada Adiparwa, yakni Kitab Pertama Mahabharata. Hal unik yang lain yaitu Candi Sukuh ini dipenuhi oleh ornament erotis yang melukiskan seni bercinta. Tetapi banyak juga arca yang telah disimpan ditempat sendiri lantaran keerotisan memiliki bentuk dikira tabu.

5. Patung Megalitikum Lore Lindu, Sulawesi Tengah
(Serupa patung batu di Pulau Paskah)
Patung Pulau Paskah

Telah pernah mendengar perihal patung-patung batu (moai) yang berjajar di selama pantai Pulau Paskah di selatan Samudra Pasifik? Nyatanya Indonesia juga mempunyai patung-patung batu yang sama dengan di Pulau Paskah. Anda bisa melihatnya di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah. Di Taman Nasional Lore Lindu, Anda bisa menjumpai 431 website megalitikum yang paling baik di Indonesia. Ada yang berbentuk patung batu manusia, jambangan besar (kalamba), piringan (tutu’na), batu-batu cembung (batu dakon), mortir batu, serta tiang penyangga rumah yang berlainan memiliki bentuk. Berdasar pada hasil studi, di ketahui bahwa website megalitikum ini datang dari saat 1300 SM. Rata-rata patung megalitikum di Lore Lindu ini mempunyai tinggi pada 1, 5 – 2, 5 mtr. serta yang paling tinggi yaitu 4 mtr..

6. Patung Annai Velangkanni, Medan
(Persis patung di Our Lady of Vailankanni Church di India)
Patung Annai Vailankanni, India

Di Basilika Our Lady of Good Health (Our Lady of Vailankanni Church), Vailankanni, India, kita bisa lihat patung Bunda Maria yang kenakan sari sama seperti wanita India. Velangkanni atau Vailankanni di India saat ini di kenal juga sebagai Lourdes dari Timur. Sungguh unik bahwa kita bisa menjumpai patung sama di Medan. Anda dapat cobalah bertandang ke Grha Maria Annai Velangkanni di Taman Sakura Indah, Jl Sakura III No 10, Tanjung Selamat, Medan. Meskipun ini yaitu tempat melaksanakan ibadah untuk orang Kristen, tetapi tempat ini terbuka untuk umum. Anda bisa lihat bangunan gereja yang megah yang memiliki bentuk mirip kuil Hindu. Disini, Anda bisa lihat Patung Bunda Maria Annai Velangkanni yang kenakan sari, persis dengan patung Annai Velangkanni di India. Patung Annai Velangkanni di Medan ini memanglah di kirim segera dari India.

7. Pasar Terapung Banjarmasin
(Serupa pasar terapung di Thailand, Kamboja, serta Vietnam)
Pasar Terapung Damnoen Saduak, Thailand

Pasar terapung adalah pasar tradisional yang semua aktivitasnya dikerjakan diatas air dengan perahu. Sangatlah unik melihat perahu-perahu besar serta kecil yang sama-sama berseliweran mencari konsumen serta penjual. Sampai kini pasar terapung sama dengan wisata di Thailand serta wisata di Vietnam, walau sebenarnya Indonesia juga mempunyai pasar terapung. Pasar terapung di Indonesia bisa didapati di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ada dua pasar terapung yang bisa kita datangi, yakni Pasar Terapung Muara Kuin yang berlokasi di Sungai Kuin, Banjarmasin, serta Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Beberapa barang yang di jual di pasar terapung ini biasanya yaitu bahan makanan keseharian, seperti sayuran, buah, serta ikan. Tetapi ada pula yang jual makanan siap saji seperti roti, kue, kopi, nasi, bahkan juga sate serta ikan goreng. Pasar terapung yang cuma ada saat pagi hari ini jadi tempat wisata andalan Banjarmasin.

Tersebut 7 bangunan/obyek wisata Indonesia yang serupa luar negeri. Ini menunjukkan, Indonesia juga tidak kalah menariknya juga sebagai satu diantara destinasi wisata. Yuk, kita jalan-jalan keliling Indonesia!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Neng Devi, Published at 11.47 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar